The best bookmaker bet365

The Best bookmaker bet365 Bonus

Situs Resmi Pemerintah kabupaten Tabanan

Transparansi Keuangan Daerah

Transparansi Keuangan Daerah

A+ A A-

Profil Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Tabanan

VISI dan MISI

 

Pernyataan Visi.

Berbicara tentang seni dan budaya, tentu kita akan dihadapkan kepada sesuatu yang abstrak, yang sulit ditentukan nilai ukurnya. Seni dan budaya sangat terkait dengan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat yang menjadi pondasi dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula dalam pengembangan kepariwisataan di Tabanan yang merupakan sektor andalan, kita mempunyai harapan bagaimana agar budaya atau nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat tersebut mampu menjadi payung dan filter dari pengaruh budaya-budaya luar akibat gesekan-gesekan karena pengaruh pariwisata. Bagaimanapun dalam pengembangan kepariwisataan akan mengakibatkan pengaruh pada seni budaya dan pola hidup masyarakat.

Diharapkan kepariwisataan yang akan dikembangkan di Kabupaten Tabanan mengacu pada tetap lestari dan terjaganya nilai-nilai luhur di masyarakat serta menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya, mengingat potensi pariwisata di Kabupaten Tabanan adalah pariwisata alam, seni dan budaya.

Berpijak dari hal tersebut di atas, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tabanan menetapkan Visi sebagai berikut:

”Mengembangkan Pariwisata Berbasis Kerakyatan, Pertanian,  Budaya Dan Alam Menuju Tabanan Taksu Bali”

Dari pernyataan Visi tersebut, dapat kita lihat kata-kata kunci seperti:

Pengembangan.

Artinya : sesuai tugas pokok dan fungsi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata       Kabupaten Tabanan mempunyai tugas untuk merumuskan petunjuk-petunjuk teknis dalam bidang kebudayaan dan pariwisata mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya pengembangan potensi-potensi, baik potensi seni, budaya maupun alam dalam upaya pengembangan kepariwisataan yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pariwisata, seni, budaya dan alam.

Artinya : ketiga hal tersebut harus dilihat sebagai satu kesatuan. Pariwisata yang dikembangkan di Kabupaten Tabanan diarahkan tetap berbasis atau berpijak pada nilai-nilai budaya serta pemanfaatan sumber daya alam yang tetap lestari dan terjaganya lingkungan. Dengan kata lain, bahwa tetap lestarinya budaya dan alam akan mampu menopang pengembangan kepariwisataan. Hal ini sejalan dengan tujuan yang sebenarnya wisatawan datang ke Bali yaitu untuk bersantai, menikmati alam (pemandangan) serta melihat dan mengetahui keanekaragaman seni dan budaya yang kita miliki.

 

Pernyataan Misi

Mengacu pada Visi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yaitu mengembangkan pariwisata berbasis budaya dan alam, yaitu dapat kita tarik satu benang merah yaitu bagaimana kita mengembangkan pariwisata yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum tetapi nilai-nilai seni budaya tetap ajeg serta kelestarian alam dan lingkungannya tetap terjaga. Kata kunci yang mungkin kita pergunakan adalah pemberdayaan”. Dari kata kunci tersebut maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menetapkan Misi sebagai berikut:

  • Memberdayakan masyarakat pariwisata.
  • Layanan kepariwisataan yang prima.
  • Melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah, lembaga adat/tradisional dan sejarah.

Penetapan Misi tersebut dilatarbelakangi hal-hal sebagai berikut:

Misi Pertama : Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai instansi teknis dalam perencanaan maupun dalam pengembangan pariwisata secara umum dapat kita telaah lebih jauh, bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai beban tanggung jawab dalam upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Tabanan, yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat atau kesejahteraan masyarakat secara umum.

Dalam upaya itu, peranan stakeholders dalam pengembangan kepariwisataan mutlak diperlukan. Stakeholders yang dimaksud adalah pemerintah, swasta, dan masyarakat. Ketiga komponen tersebut tidak terpisahkan dan dalam pelaksanaannya harus sebagai satu kesatuan. Pemerintah sebagai mediator atau penentu kebijakan, pihak swasta sebagai investor yang menanamkan modal usaha serta masyarakat sebagai pendukung sekaligus pelaksananya. Tidak mungkin pemerintah mengembangkan suatu obyek dan daya tarik wisata dengan tanpa adanya dukungan masyarakat. Begitu pula pihak swasta tidak akan mungkin melaksankan suatu investasi tanpa adanya situasi kondusif dari masyarakat dan dibarengi dengan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Dari hal itulah, maka pemberdayaan masyarakat dengan dibarengi kebijakan pemerintah yang dinamis serta investasi swasta yang memadai mutlak diperlukan dalam upaya pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Tabanan. Dengan situasi yang kondusif di masyarakat, peranan pemerintah, diharapkan tumbuh dan berkembangnya investasi-investasi swasta sebagai bentuk partisipasi masyarakat.

Misi Kedua : Berkaitan dengan misi pertama, pemberdayaan masyarakat akan berhasil apabila didukung oleh manajemen yang baik. Dalam hal ini menerapkan manajemen yang baik guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat tersebut diperlukan aparat yang profesional. Profesional dalam arti tahu, mengerti dan mempunyai kemampuan dalam melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang tentunya harus didukung dengan fasilitas yang memadai.

Misi Ketiga : Bali dengan keanekaragaman budaya dan seninya mampu menarik perhatian wisatawan dunia untuk berkunjung dan menikmati berbagai macam atraksi kesenian. Begitu pula di Tabanan yang kaya dengan budaya dan kesenian tradisionalnya. Dalam era global seperti sekarang ini, menjaga kelestarian budaya serta nilai-nilai tradisional yang luhur mutlak diperlukan dalam rangka menyaring atau menangkal budaya-budaya luar akibat gesekan-gesekan budaya karena pengaruh globalisasi atau pariwisata salah satunya. Desa Adat sebagai lembaga tradisional harus lebih berperan dalam upaya menangkal pengaruh-pengaruh negatif akibat perkembangan pariwisata sekaligus sebagai motor penggerak partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan khususnya. Begitu pula dalam upaya penghargaan masyarakat terhadap seni, budaya dan benda-benda peninggalan sejarah.

 

KEBIJAKAN

Kebijakan dan Arah Pembangunan Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Tabanan

  • Meningkatkan kwantitas dan kwalitas kompetensi SDM pada bidang pariwisata.
  • Mengembangkan sarana dan prasarana pariwisata.
  • Pengadaan dan rehab sarana kesenian
  • Membantu sarana Sanggar/Kelompok Seni
  • Meningkatkan kegiatan Budaya dan seni
  • Mengadakan Hubungan Budaya dengan Daerah / Negara Lain
  • Memelihara/ menata  Museum Subak
  • Potensi alam sebagai Obyek Agrowisata
  • Perbaikan obyek wisata yang sudah ada
  • Membangun paket wisata ( Keterkaitan Obyek )
  • Meningkatkan manajemen pariwisata

PROGRAM

  • Pengembangan Nilai Seni Budaya.
  • Pengelolaan Kekayaan Budaya.
  • Pengelolaan Keragaman Budaya.
  • Pengembangan Kemitraan.
  • Pengembangan SDM Pariwisata.
  • Pengembangan Destinasi Pariwisata.
  • Pengembangan Pemasaran Pariwisata.
  • Pengelolaan Obyek dan Jenis Atraksi Wisata.
  • Peningkatan Manajemen Pariwisata.
  • Peningkatan dan Pengembangan produk dan obyek wisata berbasis budaya dan bersinergi dengan pertanian.
  • Promosi dan penyuluhan kepariwisataan.
  • Pengembangan propesionalisme manajemen pariwisata.
  • Pemberdayaan lembaga tradisional.
  • Penggalian nilai teradisional serta kelestarian dan pengembangan budaya daerah.
  • Pembuatan dokumen peraturan kepariwisataan.

KEGIATAN UTAMA

BIDANG KESENIAN

Pembinaan Sekaa Keseniaan dan Sanggar dengan tujuan menambah wawasan berkesenian dikalangan seniman dan organisasi seni

PKB Tingkat Kabupaten dan Propinsi dengan tujuan untuk menumbuhkan aspirasi seni dikalangan seniman

BIDANG ADAT ISTIADAT

Pembinaan dan Lomba Desa Pakraman dan Sekaa Teruna Tingkat Propinsi Bali dengan Tujuan mewujudkan Desa Pakraman dan Sekaa Teruna yang Mandiri

BIDANG PARIWISATA

Penataan obyek-obyek wisata di Kabupaten Tabanan dengan Tujuan mewujudkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung pada Obyek Wisata melalui penerapan Sapta Pesona

BIDANG PROMOSI

Promosi Pariwisata baik secara langsung maupun melalui penyebaran brosur atau VCD untuk peningkatan kunjungan wisatawan .

BIDANG BUDAYA

Pembinaan dan lomba UDG Tingkat Propinsi Bali untuk Melestarikan budaya daerah dan pelestarian WBD Jatiluwih

 

STRUKTUR ORGANISASI DINAS KEBUDAYAN DAN PARIWISATA KABUPATEN TABANAN

PP. No: 3 th 2009

 

ALAMAT:

P E M E R I N T A H   K A B U P A T E N   T A B A N A N

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA, JALAN  ARJUNA  NO. 2 - T A B A N A N

TELP/FAX. (0361) 811602

Statistik Situs

Articles View Hits
7004165

Pemkab Tabanan

Jalah Pahlawan No. 19, Tabanan - Bali

Telp  : +62 0361 - 811417

Pengunjung Online

We have 28 guests and no members online

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tabanan www.tabanankab.go.id | by : Humas Pemkab Tabanan | Supported by : Tebing Media. 2009 - 2013

Дървен материал от www.emsien3.com